Mengapa Tidak Boleh Bermain Handphone di Pom Bensin?

Hai, semuanya.
Pernah lihat simbol handphone dicoret ketika sedang mengisi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)?
Simbolnya seperti ini.

Sebagian besar dari kalian pasti pernah melihat tanda disamping, dan diantaranya ada pula yang masih belum mengikuti peraturan tersebut. Biasanya timbul pikiran "tidak ada hubungannya mengisi bensin tidak boleh bermain handphone." Pun saya dulu, sebelum mengetahui akibat buruk yang akan terjadi.

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi informasi perihal larangan menggunakan handphone di SPBU. Tidak hanya handphone saja, memotret dan merokok juga tidak diperkenankan di area SPBU.
Apa ya alasannya? Mari kita bahas.


Simbol di atas bukan berarti hanya melarang handphone untuk dioperasikan di area SPBU, namun juga untuk gadget-gadget dan perangkat elektronik lainnya juga. Alasannya adalah karena frekuensi tinggi yang dikeluarkan oleh gadget. Selain itu, gadget kalian juga menimbulkan percikan api kecil dari lampu LED handphone kalian. Percikannya hanya seukuran 1 mikron. 
1 mikron = 0,01 mm.

Baca juga : Saya Riyandi Joshua

Sebenarnya percikan kecil tersebut tidak akan cukup untuk membuat suatu SPBU kebakaran. Kecuali, ketika udara di sekitar SPBU telah dipenuhi dan jenuh dengan uap bahan bakar, maka percikan api sedikit akan menimbulkan ledakan.














Sama halnya ketika memotret, blitz/flash dari kamera dapat menimbulkan percikan kecil. Bagian kamera lainnya yang dapat menimbulkan percikan adalah baterai. 
Berikut ada salah satu video Youtube yang menampakkan betapa ngerinya kebakaran yang disebabkan karena bermain handphone di SPBU.
klik Disini

Menghidupkan handphone dengan menggunakan mode pesawat merupakan salah satu cara aman tanpa mematikan handphone ketika berada di SPBU.

Sederhana, namun dampaknya besar. Selalu berhati-hati ya.
Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment