Lawan Kata Kidal (Penggunaan Tangan dan Sebutannya)


Kalian pasti pernah mendengar kata "Kidal." Ya, kidal adalah kondisi dimana seseorang lebih sering atau dominan memakai tangan atau kaki kirinya untuk melakukan pekerjaan.
Jadi, pengguna tangan kanan disebut apa ya? Penasaran?
Pada artikel kali ini, saya akan mengupas tentang penggunaan tangan kiri dan kanan bahkan keduanya!

Di seluruh belahan dunia terdapat empat golongan dalam kecenderungan penggunaan tangan, mari kita bahas satu per satu:

1. Right-Handedness (Pengguna Kanan)
Right-Handedness merupakan yang paling banyak di seluruh dunia, kira-kira sekitar 70%-90% dari populasi manusia di dunia. Seperti yang kita tahu, pengguna kanan cenderung lebih dominan menggunakan tangan dan kaki kanannya dalam mengerjakan sesuatu seperti menulis, menendang bola, dan kegiatan lainnya. Jika pengguna kiri disebut "Kidal," lantas pengguna kanan disebut apa ya?

Setelah saya kutip dari berbagai sumber, didapatlah fakta bahwa ternyata pengguna kanan disebut dengan "KINAN." Berhubung sedikit sekali artikel yang membahas tentang lawan dari kata kidal, Jadi, saya tulis saja untuk berbagi informasi kepada kalian semua.

Baca Juga : Mengapa Menangkap Lalat Lebih Susah daripada Menangkap Nyamuk?

2. Left-Handedness (Pengguna Kiri)
Lin Dan, Pebulutangkis Tiongkok yang bertangan kidal
Left-Handedness atau bisa disebut pengguna kiri merupakan kebalikan dari Right-Handedness. Jumlahnya sekitar 8%-15% dari populasi manusia di seluruh dunia. Jumlah orang kidal biasanya lebih banyak berjenis kelamin pria dibanding wanita. Jika dihubungkan dengan dominansi otak kanan dan otak kiri, Pengguna kiri diketahui lebih dominan ke otak kanan, dimana otak kanan itu mengatur seni, warna, imajinasi, emosi, kebijaksanaan, dan lainnya. Jadi, bisa disimpulkan orang bertangan kidal lebih unggul di bidang kreativitas dan seni dibandingkan orang kinan.
Beberapa orang kidal yang terkenal :
  • Pemimpin Negara : Barrack Obama, Bill Clinton, Pangeran Charles dan Pangeran William dari Inggris
  • Teknologi : Bill Gates
  • Ilmuwan : Isaac Newton
  • Aktris dan Selebriti : Angelina Jolie, Oprah Winfrey, Tom Cruise, Charlie Chaplin, Justin Bieber
  • Olahragawan : Diego Maradona, Lionel Messi, Angel Di Maria, Christian Gonzales (Sepakbola), Lin Dan, Fu Haifeng (Badminton), Valentino Rossi (MotoGP)
Otak Kiri vs Otak Kanan
Baca Juga :Cara Membedakan Kemeja Pria dan Wanita yang Jarang Diketahui 

3. Mixed/Cross-Handedness (Berlawanan Dominan)
Rafael Nadal, seorang Cross-Handedness
Mixed/Cross-Handedness merupakan jenis pengguna tangan yang punya keahlian berbeda untuk tangan yang berbeda. Misalnya, ketika menulis lebih senang menggunakan tangan kiri, sedangkan ketika melempar bola lebih senang menggunakan tangan kanannya, atau sebaliknya. Kemampuan seperti ini biasanya didapatkan karena dilatih terus-menerus.

Singkatnya, jenis ini merupakan orang yang dominan menggunakan tangan kanan untuk mengerjakan suatu tugas, dan dominan menggunakan tangan kiri untuk mengerjakan tugas lainnya.
Cross hand berbeda dengan Ambidex, dewasa ini masih banyak yang mengira bahwa keduanya adalah sama. Sebagian besar manusia yang menjadi seorang cross handedness disebabkan karena kecelakaan.

Beberapa orang dengan Cross Hand :
  • Olahragawan : Donovan Mcnabb (Pemain NFL), Rafael Nadal (Tenis) sebenernya kanan tapi pas main tenis pakai tangan kiri, Joe Hart (Sepak Bola), Cesc Fabregas (Sepak Bola)
  • Musisi dan Seni : Beethoven (Komposer)
  • Ilmuwan : Albert Einstein
Tidak Kalah Menarik : Mitos Baju Merah + Petir = Kesambar??
4. Ambidexterity (Pengguna Kanan-Kiri)

Ambidexterity merupakan jenis pengguna tangan yang dapat menggunakan kedua tangannya (kanan maupun kiri) untuk melakukan suatu pekerjaan dengan sama baiknya. Misalnya dapat menulis dengan baik dengan tangan kanan maupun tangan kirinya. Seorang ambidexterity sangat sulit ditemukan, diperkirakan kaum mereka hanya mencakup sekitar 0,5% dari seluruh populasi manusia di dunia atau mungkin hanya 1 orang dari 99%. Mereka yang terlahir sebagai "ambidexterity murni" disebut Penwald Ambidexterity. Untuk menjadi seorang Ambidexterity ternyata dapat dilakukan dengan berlatih terus-menerus.
Hal ini dilakukan oleh Billy Wagner, seorang Pitcher MLB.
Billy Wagner, seorang Ambidexterity
Ia sebenarnya melempar bola dengan menggunakan tangan kanannya. Namun, dikarenakan tangan kanannya didera cedera, Billy pun melatih tangan kirinya untuk dapat melempar bola sama baiknya dengan tangan kanannya. Lemparan kidalnya bahkan dapat mencapai kecepatan 100 mph!
James Abram Garfield, seorang Penwald Ambidexterity

Contoh Ambidexterity lainnya adalah Michael Beasley, David Lee (Pemain Basket NBA), Robert Baden-Powell (Bapak Pandu Sedunia), Leonardo da Vinci (Seniman), Benjamin Franklin (Ilmuwan).

James A. Garfield yang merupakan Presiden Amerika Serikat ke-20 tergolong sebagai Penwald Ambidexterity. Beliau dapat menuliskan bahasa Latin dengan tangan kiri dan menuliskan bahasa Yunani dengan tangan kanannya secara bersamaan.

Sekian post kali ini, semoga bermanfaat.


9 comments:

  1. yg point terakhir temen ane juga ada. dia bisa ngerjain 2 soal yg berbeda dalam waktu yg bersamaan. kan gila

    ReplyDelete
  2. Nice artikelnya gan
    Makasih infonya, baru tau pengguna kanan namanya kinan

    ReplyDelete
  3. Nice artikelnya gan
    Makasih infonya, baru tau pengguna kanan namanya kinan

    ReplyDelete
  4. penguuna kanan dan kiri greget tuh om :D

    ReplyDelete
  5. Nice article min
    Baru taucjuga kalo pengguna kanan disebut kinan

    ReplyDelete
  6. pengguna kanan mungkin lebih afdol di sebut "kadal" kali ya. :v

    ReplyDelete
  7. Kinan?
    KIDAL = KIri DAri Lahir.
    KADAL = KAnan DAri Lahir
    Kalo kinan apa njer

    ReplyDelete